Minggu, 05 Februari 2017

Lokmotif Rehab BB 203 menjadi CC 201

Salam Semboyan Satoe, kali ini saya akan membahas Lokomotif CC 201 yang dimodifikasi dari BB 203 tapi tidak menyeluruh sampai Sumatera Utara hehehe saya mbahasnya yang sudah ada di Pulau Jawa aja hehehe, yuk langsung saya mulai saja.

Pada mulanya BB 203, dialokasikan bagi Sumatera dan Jawa, pada saat itu masih banyak lintas jalur kereta api yang bertekanan gandar rendah karena ukuran rel yang kecil, khususnya di jembatan-jembatan yang berukuran sedang hingga besar. Namun kini, lokomotif BB 203 tekah habis populasinya di Pulau Jawa karena kesemuanya telah dimodifikasi menjadi Lokomotif CC 201 modifikasi, jadi ini bukan CC 201 asli, hehehe sudah jelas sekali kalau ini loko rehab bukan CC 201 asli, kemudian proses modifikasi BB 203 menjadi CC 201 dimulai pada tahun 1989-1990,1993,1998-2000 dan terakhir adalah tahun 2004. Berikut yang saya dokumen modifikasi BB 203 menjadi CC 201 yang saya dapatkan, ini khusus CC 201 ex BB 203 yang ada di Pulau Jawa saja ya hehehe.

1989-1990


BB 203 43,BB 203 49,BB 203 50,BB 203 53,BB 203 54,BB 203 57,BB 203 56,BB 203 47

Menjadi

CC 201 73R,CC 201 74R,CC 201 75R,CC 201 77R,CC 201 78R,CC 201 79R,CC 201 80 dan CC 201

Penomoran Baru Sekarang 

CC 201 73R (CC 201 89 01),CC 201 74R (CC 201 89 02),CC 201 75R (CC 201 89 03),CC 201 77R (CC 201 89 05),CC 201 78R (CC 201 89 06),CC 201 79R (CC 201 89 07),CC 201 80 (CC 201 89 08) dan *CC 201 81R (CC 201 89 09)

Semua CC 201 nomor urut 73R-80 (kecuali 76R) Semuanya Milik Dipo Induk THB (Tanah Abang)

*Keterangan

1.CC 201 76R (CC 201 89 04) dan CC 201 82 (CC 201 89 10) tidak saya ditulis karena bukan Anggota Daerah Operasional atau Pulau Jawa lagi karena kedua lokomotif tersebut telah dimutasi ke Divre 1 Sumut dan NAD (Divisi Regional 1 Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam 

2.CC 201 81R (CC 201 89 09) adalah lokomotif milik Dipo Induk SDT (Sidotopo)

1998-2000


BB 203 21,BB 203 27,BB 203 11

Menjadi

CC 201 126R,CC 201 127R dan CC 201 134R

Penomoran Baru Sekarang

CC 201 126R (CC 201 99 01R),CC 201 127R (CC 201 83 47R) dan CC 201 134R (CC 201 83 53)

*Keterangan 

1.CC 201 129R (CC 201 83 48),CC 201 130R (CC 201 83 49) dan CC 201 135R (CC 201 83 54) tidak saya tulis karena diketahui dari BB 203 berapa lokomotif tersebut dimodifikasi.

2.CC 201 121R-125R,CC 201 128R (CC 201 99 02R) ex BB 203 28,CC 201 131R-133R dan CC 201 136R-137R tidak saya tulis karena bukan Anggota Daerah Operasional atau Pulau Jawa karena lokomotif tersebut Anggota Divre 3 Sumsel (Divisi Regional 3 Sumatera Selatan), namun seperti CC 201 128R (CC 201 99 02R) adalah lokomotif yang baru pindah dari Pulau Jawa sekitar 3 Tahun yang lalu namun masih memakai Livery Putih dan Oranye PT KAI ala Pulau Jawa

2004-2005


BB 203 20,BB 203 25,BB 203 22,BB 203 26,BB 203 23,BB 203 29 dan BB 203 24

menjadi

CC 201 138R,CC 201 139R,CC 201 140R,CC 201 141R,CC 201 142R,CC 201 143R dan CC 201 144R

Penomoran Baru 

CC 201 138R (CC 201 04 01),CC 201 139R (CC 201 04 02),CC 201 140R (CC 201 04 03R),CC 201 141R (CC 201 04 04R),CC 201 142R (CC 201 04 05),CC 201 143R (CC 201 04 06) dan CC 201 144R (CC 201 04 07)

*Keterangan

1.CC 201 138R-CC 201 141R adalah lokomotif milik Dipo Induk KPT (Kertapati) dan CC 201 142R-CC 201 144R adalah lokomotif milik Dipo Induk SMC (Semarang Poncol)

2.CC 201 141R (CC 201 04 04R) adalah lokomotif yang baru dimutasi dari Pulau Jawa sekitar 3 Tahun yang lalu namun masih memakai Livery Putih dan Oranye PT KAI ala Pulau Jawa


Foto-foto CC 201 Rehab saya dapatkan 


CC 201 127R (CC 201 83 47R) PWT ex BB 203 27 berdinas KA 185 Progo melintas Nyamplung Gamping Sleman Yogyakarta

CC 201 74R (CC 201 89 02) THB ex BB 203 49 Dempulan sedang melalukan langsiran untuk persiapan melakukan Tes Beban Rute Lempuyangan-Purwosari (LPN-PWS) 


CC 201 134R (CC 201 83 53) SDT ex BB 203 11 sedang menunggu panggilan dinas di Stasiun Rewulu untuk menarik KA BBM RWL-MN 


CC 201 142R (CC 201 04 05) SMC ex BB 203 23 sedang melakukan gerakan langsiran menuju Peron Selatan untuk berdinas KA Sancaka Tambahan

Sumber :Wikipedia untuk penomoran dan sejarah dan foto semua milik pribadi namun untuk menghormati pembuatan dan posting ini mohon jangan dibajak

Sekian dulu postingan dari saya bila ada salah,kurang dan kekhilafan mohon maaf sebesar-besarnya tunggu postingan berikutnya dari saya, sekian terima kasih Salam Semboyan Satoe. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar