Senin, 13 Februari 2017

CC 201 06 Yang Telah Menjelma Menjadi CC 204 06

Salam Semboyan Satoe, kali ini saya akan membahas salah satu anggota lokomotif CC 204 yang begitu dramatis ketika akan jadi CC 204, yaitu CC 204 06 (CC 204 03 06) YK ketika itu dia hampir nyaris afkir atau mati akibat kerusakan pada kendali kabin masinis dan mesin, bagaimana kisahnya ketika akan jadi CC 204 ? mari kita masuk ke topik pembahasan :)

CC 204 06 atau CC 204 03 06 adalah lokomotif CC 204 Generasi 1 yang dimodifikasi dari Lokomotif CC 201, Lokomotif ini dulunya adalah CC 201 06 milik BD (Bandung), lalu dipindahkan menjadi milik Dipo Induk SDT (Sidotopo), namun CC 201 06 ini mengalami PLH atau mungkin dimodifikasi Kabin dan kacanya menjadi menyerupai Hidung Donald Bebek oleh Balai Yasa Pengok Yogyakarta, namun pada masa itu CC 201 06 mengalami masa sulit yaitu mengalami kelainan dan kerusakan pada sistem mesin dan sistem kendali kabin masinis pada Tahun 2003, namun pada saat itu juga Balai Yasa Pengok Yogyakarta sedang mengadakan Program Rehabilitasi/Moderinisasi lokomotif CC 201 menjadi CC 204, akhirnya Balai Yasa Pengok Yogyakarta menyelamatkan lokomotif ini dari Kondisinya yang hampir mati ini, CC 201 06 masuk dalam Program Modernisasi Lokomotif CC 201 menjadi CC 204 bersama teman-temannya yaitu :

1.CC 201 03 yang sekarang menjadi CC 204 01 (CC 204 03 01) YK ex JNG ex BD
2.CC 201 11 yang sekarang menjadi CC 204 02 (CC 204 03 02) YK ex JNG ex BD 
3.CC 201 16 yang sekarang menjadi CC 204 03 (CC 204 03 03) YK ex JNG ex BD
4.CC 201 37 yang sekarang menjadi CC 204 04 (CC 204 03 04) YK ex BD 
5.CC 201 32 yang sekarang menjadi CC 204 05 (CC 204 03 05) YK ex BD
6.CC 201 12 yang sekarang menjadi CC 204 07 (CC 204 03 07) YK ex SDT ex BD

lalu juga sebenarnya ada 4 teman-temannya yang sebenarnya akan jadi CC 204, namun mereka gagal menjelma menjadi CC 204 akibat keterbatasan dana Pemerintah Indonesia dan hanya menjadi Kelinci percobaan Balai Yasa Pengok Yogyakarta atau Lokomotif Repowering  :( -_-, sayang sekali ya sobat railfans :3, berikut CC 201 yang sebenarnya akan menjadi CC 204 :

1.CC 201 01 yang ternyata hanya menjadi CC 201 01R (CC 201 77 01R) ex CC 201 77 01
2.CC 201 14 yang ternyata hanya menjadi CC 201 14R (CC 201 77 10)
3.CC 201 18 yang ternyata hanya menjadi CC 201 18R (CC 201 77 13)
4.CC 201 26 yang ternyata hanya menjadi CC 201 26R (CC 201 77 21)

lalu dimulailah Program Modernisasi/Rehabilitasi CC 201 menjadi CC 204 dengan seri Model GE C18MMI dengan memiliki transmisi daya AC-DC dengan memiliki daya mesin mencapai 1.950 HP dan daya ke generator/converternya adalah 1825 HP (Horse Power) yaitu dengan melakukan modernisasi Sistem Lokomotif yaitu :

1.Sistem Keselamatan Loco Track
2.Penambahan Komputer Brightstar Sirius 
3.Vigilance Control Panel 

Semua Program GE (General Electric) tersebut bekerjasama dengan Balai Yasa Pengok Yogyakarta, kemudian setelah Program tersebut selesai, yang keluar pertama adalah Kakaknya yang pertama CC 204 01 (CC 204 03 01) pada tanggal 4 Juli 2003 kemudian disusul lagi Kakak Keduanya CC 204 02 (CC 204 03 02) pada tanggal 26 September 2003, kemudian Kakak Ketiganya CC 204 03 (CC 204 03 03) pada tanggal 16 Oktober 2003, kemudian Kakak Keempatnya CC 204 04 (CC 204 03 04) pada tanggal 30 Desember 2003, namun CC 201 06 baru bisa menjelma menjadi CC 204 06, ketika Kakaknya yang Kelima atau Kakak Terakhirnya CC 204 05 (CC 204 03 05) pada Bulan Agustus-an atau September-an 2005, kemudian CC 204 06 (CC 204 03 06) sendiri mungkin pada Bulan Agustus-an atau September-an 2005, dan kemudian yang paling terakhir dan Bontot sendiri adalah CC 204 07 (CC 204 03 07). Kemudian CC 204 06 dan Teman-temannya langsung dialokasikan di Dipo Induk BD (Bandung) pada waktu itu juga, CC 204 06 didinaskan untuk Kereta Api Ekonomi,Lokal,Bisnis,Eksekutif dll, namun pada Tahun 2008 ketika Dipo Bandung mendapat CC 204 Batch 2 atau Generasi 2, CC 204 06 dan teman-temannya tersingkir dari Dipo BD (Bandung), pada waktu itu juga CC 204 06 mendapat Rumah Barunya yaitu ditugaskan di Dipo Induk YK (Yogyakarta), CC 204 06 pun langsung menjadi Artis dengan mendapat jatah dinas KA Ekonomi,Bisnis dan Eksekutif Daop 6 Yogyakarta pada waktu itu, tahun pun berganti CC 204 06 melakukan PA (Pemeliharaan Akhir) CC 204 06 pun berganti Logo dari Perumka dan PT KA menjadi logo PT KAI seperti saat ini, pada Tahun 2016 kemarin CC 204 06 melakukan PA (Pemeliharaan Akhir) lalu mendapatkan CH (Chowchatcher) Sekop Baru, walau CC 204 06 masih berteralis :) :D

Berikut Foto CC 204 06 (CC 204 03 06) YK ketika berdinas



CC 204 06 (CC 204 03 06) YK feat KA 101 Malioboro Ekspress persiapan PJL 3A 3B


CC 204 06 (CC 204 03 06) YK feat KLB Ekonomi LPN-PSE setelah hujan deras persiapan PJL 3A 3B


View Side CC 204 06 (CC 204 03 06) YK feat KA KLB Ekonomi LPN-PSE


View Side CC 204 06 (CC 204 03 06) YK feat KA 101 Malioboro Ekspress ML-YK

Foto : Milik Pribadi saya sendiri

Informasi Sejarah : Teman-Teman Railfans,Senior Railfans DLL

Demikian artikel Posting dari saya ini semoga bermanfaat,berguna dan menambah pengetahuan sejarah kalian guyss, apabila ada salah kata,kekhilafan dan kurang berkenan, mohon dimaafkan :D :), Sekian Terima Kasih Salam Semboyam Satoe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar