Sabtu, 04 Maret 2017

CC 201 40 (CC 201 83 02) DIPO INDUK YK

Salam Semboyan Satoe, kali ini saya akan membahas lokomotif CC 201 40 yang masih setia dengan rumahnya Dipo Induk Yogyakarta hingga saat ini, seperti apa kisah panjangnya dari kisahnya saat ini ? penasaran ? mari langsung saya bahas di sini.

CC 201 40 atau CC 201 83 02 adalah lokomotif CC 201 yang memulai debut dinasnya pada Tahun 1983 dengan Gandar Penggerak CC yang berarti masing-masing gandar berjumlah 6 Gandar Penggerak, CC 201 40 memulai dinasnya menjadi Anggota Dipo Induk YK (Yogyakarta) yang dahulunya masih banyak ditemui BB 200 maupun BB 201, mungkin jumlah anggota Dipo Yogyakarta pada waktu itu masih di dominasi BB 200 dan BB 201 namun seiring waktu, BB 200 dan BB 201 semakin berkurang akibat dipindahkan maupun afkir sehingga Dipo Yogyakarta kebanjiran anggota CC 201 Generasi 2 yang terdepak dari Jatinegara maupun Purwokerto seperti : CC 201 46,CC 201 47 dan CC 201 48,pengecualian : CC 201 41,CC 201 42,CC 201 44 dan CC 201 45 yang dari dulu sudah menghuni Dipo Yogyakarta sejak datang dari Pabrik General Electric, CC 201 40 dulu biasa lebih banyak berdinas KA Eksekutif,Ekonomi,Bisnis DLL, Era demi era berubah dari PJKA menjadi Perumka, namun CC 201 40 masih belum bisa tergantikan untuk berdinas KA Berbendera alias Eksekutif, namun pada Tahun 1995 kedatangan CC 203 Generasi 1 menyebabkan CC 201 40 turun pangkat berdinas KA Eksekutif Satwa,Bisnis,Ekonomi DLL, di Dipo Induk Yogyakarta pada masa jayanya CC 201 biasa berdinas KA Eksekutif seperti : Bima,Pandanwangi,Empu Jaya,Senja Maja,Senja Ekonomi Solo DLL, pada Era Perumka Merah Biru atau biasa disebut RNB (Red N Blue), CC 201 40 biasa berdinas seperti : KA Taksaka,Sancaka,Progo,Fajar Utama Yogyakarta,Senja Utama Yogyakarta,Bengawan,Senja Utama Solo DLL, Pada Era Perumka Biru Putih pun juga masih sama dengan Era Perumka Merah Biru CC 201 40 biasa berdinas KA Eksekutif Satwa,Bisnis,Ekonomi DLL, Era semakin lama semakin berubah, Era pun mulai berganti dari Era Perumka menjadi Era PT KA (Kereta Api), CC 201 40 semakin bertambah tampan dan ganteng yaitu : Pemberian Lampu Kabut (Fog lamp),Nomor baru di samping kabin kanan kirinya yang menggantikan plat CC 201 40 yaitu Plat Penomoran baru dengan nomor seri CC 201 83 02 yang berarti CC adalah 2 Bogie (Roda) ada 3 Gandar dengan total 6 Motor Traksi, 201 adalah seri yang berikutnya setelah CC 200, nomor 83 artinya memulai debut atau dinasnya pada Tahun 1983 dan yang terakhir adalah nomor 02 yang artinya nomor urut yang dinas pada Tahun 1983 atau Nomor Individunya, pada Era PT KA pun CC 201 40 masih belum tergantikan untuk menarik KA Eksekutif Satwa,Campuran DLL walaupun kedatangan CC 204 Generasi 2 yang begitu lumayan menggeser keberadaan CC 201 40, namun CC 201 40 masih mampu dipercaya menjadi pemimpin KA Eksekutif Satwa,Eksekutif Campuran DLL, namun Era PT KA berubah menjadi Era PT KAI (Kereta Api Indonesia) seperti saat ini, CC 201 40 mulai tergeser akibat kedatangan CC 206 Lokomotif Berkabin Dua atau Railfans biasa menyebutnya Si Munafik karena kabinnya yang berwajah dua, CC 201 40 menjadi turun pangkat berdinas seperti KA Eksekutif Campuran (Kecuali : KA Lodaya),Bisnis,Ekonomi,KA Batu Ballast Kricak,langsiran,Ekonomi Lokalan DLL, namun walaupun begitu CC 201 pada Tahun 2015 menjalani PA (Pemeliharaan Akhir) yang membuat dia semakin tampan dan gagah karena Teralis Besi pada Kabinnya dicopoti karena kebijakan Polikarbonatisasi yaitu dengan menggati kaca biasa yang biasa mudah pecah karena benturan dengan Kaca Polikarbonat yang tahan terhadap misalnya : Pelemparan Batu,Benturan DLL, selain Kotak Pemasir CC 201 40 dikembalikan lagi. Setelah Fresh PA, CC 201 40 langsung didinaskan dengan Kereta Api Malioboro Ekspress, namun CC 201 40 lama kelamaan tidak berdinas KA Malioboro Ekspress, namun CC 201 40 memilih menjadi Lokomotif Langganan KA Sancaka selama 2-3 Bulan, namun menjelang Masa Pemeliharaan Akhirnya mulai dekat, CC 201 40 mulai mengurangi dinas dengan KA Penumpang kadang-kadang CC 201 40 berdinas KA Barang seperti KA KLB Batu Ballast Kricak Daop 6 YK DLL, akhirnya pada 5 September 2016 kemarin CC 201 40 telah mengalami PA kembali kali ini, CC 201 ditambah Chowchatcher yang menyerupai Sekop sehingga menambah kegagahan dan ketampanannya, sehingga CC 201 40 lebih gagah daripada dulu.
 Berikut Foto CC 201 40 (CC 201 83 02) YK ketika berdinas


CC 201 40 (CC 201 83 02) YK berdinas KA KLB Batu Kricak Daop 6 Yogyakarta, bersiap kembali ke Wates setelah menbur Ballast di Timur Area Daop 6 Yogyakarta.

*CC 201 40 (CC 201 83 02) YK sebelum menjadi kinclong dan berchowchatcher sekop hehehe


CC 201 40 (CC 201 83 02) YK setelah Kinclong kembali dan memakai CH Sekop, sedang berdinas KA 2618B RWL-MN (Rewulu-Madiun) melintasi Nyamplung Balecatur Gamping Sleman


CC 201 40 (CC 201 83 02) YK berdinas KA 86 Sancaka Sore melintasi Fly Over Lempuyangan di bawah Sinar Matahari Sore Yogyakarta


Sumber Sejarah : Saya sendiri,Teman-teman Railfans,Senior Railfans DLL.
Sumber Foto : Milik saya sendiri pribadi



Demikian artikel dan posting dari saya ini, monggo dipahami,dibaca dan diingat sebagai sejarah ya guyss, semoga bermanfaat dan berguna, apabila ada salah kata,kurang dan kekhilafan. Mohon dimaafkan, nantikan posting berikutnya dari saya, sekian dan terima kasih, Salam Semboyan Satoe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar