Hai semua Railfans Indonesia Salam Semboyan Satoe :D :) (y)
Kali ini saya akan membahas tentang Lokomotif yang dulunya CC 201 Generasi 1 yang diupgrade menjadi CC 204 :D :), nah baiklah langsung kita mulai saja (y).
CC 204 generasi 1 adalah lokomotif yang operasikan oleh PT KAI dengan proses rehab dan upgrade lokomotif CC 201 dalam rangka mengurangi pengkanibalisasi Suku Cadang. CC 204 Generasi 1 dibuat dan diupgrade sebanyak 7 unit, dulu CC 204 tersebar di beberapa Dipo yaitu Dipo Induk JNG (Jatinegara) sebanyak 2 unit mereka adalah CC 204 01 (CC 204 03 01) dan CC 204 02 (CC 204 03 02),YK (Yogyakarta) sebanyak 4 unit mereka adalah CC 204 03 (CC 204 03 03),CC 204 04 (CC 204 03 04),CC 204 05 (CC 204 03 05) dan CC 204 06 (CC 204 03 06) dan SDT (Sidotopo) sebanyak 1 Unit yaitu CC 204 07 (CC 204 03 07), namun karena ada kebijakan yang mengharuskan supaya perawatan, CC 204 Hidung Kotak ini akhirnya 2 unit CC 204 Dipo JNG (Jatinegara) dan 1 Unit CC 204 Dipo SDT (Sidotopo) akhirnya pindah ke Rumah Baru mereka yaitu Dipo YK (Yogyakarta).
Data CC 204 Generasi 1 adalah sebagai berikut:
Produsen | Balai Yasa Yogyakarta dengan lisensi dari GE Transportation |
---|---|
Model | GE C18MMi (produksi pertama) |
Tanggal dibuat | GE C18MMi : 2003-2005 |
Jumlah dibuat | C18MMi: 7 Unit |
Data teknis | |
Roda | |
Susunan roda AAR | C-C |
Klasifikasi UIC | Co'Co' |
Dimensi | |
Lebar sepur | 1067 mm |
Panjang | 14.134 mm |
Lebar | 2.642 mm |
Tinggi maksimum | 3.636 mm |
Jarak antara alat perangkai | 15.214 mm |
Jarak antar pivot | 7.680 mm |
Tinggi alat perangkai | 770 mm |
Berat | |
Berat kosong | 88 ton |
Berat siap | 84 ton |
Berat adhesi | 84 ton |
Bahan bakar dan kapasitas | |
Kapasitas bahan bakar | 3.028 liter |
Kapasitas pelumas | 984 liter |
Kapasitas pendingin | 684 liter |
Kapasitas bak pasir | 500 liter |
Mesin, motor traksi, dan converter | |
Penggerak utama | GE FDL-8T |
Jenis mesin | 4 langkah, Turbocharger |
Alternator | GMG-146 |
Generator | 5GTA 11, Self blown |
Motor traksi | 6 unit Tipe: GE 761 A19 |
Transmisi dan kinerja | |
Perbandingan roda gigi | 90:21 |
Kecepatan maksimum | 120 km/jam |
Daya mesin | GE C18MMi : 1.950 hp |
Daya ke generator/converter | GE C18MMi : 1.825 hp |
---|
Gaya traksi | 260 kN |
---|---|
Lain-lain | |
Rem lokomotif | Rem udara tekan, dynamic brake, rem parkir |
Sistem keselamatan | Locotrack, GE BrightStar Sirius™, vigilance control panel |
Tipe kompresor | Gardner Denver WBO |
Jenis suling/klakson lokomotif/Horn | WABCO AA-2 Horn |
Informasi kepemilikan dan karier | |
Perusahaan pemilik | PT Kereta Api Indonesia |
Daerah operasi | Pulau Jawa |
Mulai dinas | GE C18MMi : 2003 |
Foto: CC 203 01 (CC 203 95 01) YK menarik dingin CC 204 07 (CC 204 03 07) YK ex SDT ex CC 201 12 sepertinya terlihat serasi kedua lokomotif ini :D (y).
Foto: CC 204 03 (CC 204 03 03) YK ex CC 201 16 menarik Kereta Api Luar Biasa Batu Kricak Daop 6 Yogyakarta, Brvtall Jaya bener nih lokomotif :v.
CC 204 01 (CC 204 03 01) YK ex JNG ex CC 201 03 menarik Kereta Api Malioboro Ekspress nomor 101 menuju Stasiun Akhir Yogyakarta.
CC 204 05 (CC 204 03 05) YK menarik Kereta Api Sancaka Tambahan Natal dan Tahun Baru melintas Kawasan Bandara Adisucipto Maguwo
Sumber data CC 204 diambil dari Wikipedia, namun sebagian besar kalimat postingan ini saya sendiri yang mengetik, serta foto ini milik saya sendiri :D :).
Sekian dari saya semoga bermanfaat dan apabila kata-kata dalam postingan saya ini salah dan kurang baik saya mohon maaf, sekian Salam Semboyan Satoe :) :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar